Petak Tersier

Petak tersier adalah suatu hamparan dalam satu pengambilan yang merupakan bagian dari petak sekunder yang dialiri oleh saluran tersier dan disinilah Peran Serta Keujreun Blang P3A dalam Irigasi/area kerja dari P3A. Meskipun Petak Tersier merupakan bagian petak terakhir, saluran tersier masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa saluran yaitu saluran sub tersier atau saluran kwarter.
Petak Tersier

Jaringan irigasi yang berfungsi sebagai prasarana pelayanan air irigasi dalam petak tersier yang terdiri dari saluran tersier, saluran kuarter dan saluran pembuang, boks tersier, boks kuarter, serta bangunan pelengkapnya.

Perlu diperhatikan dalam setiap pengambilan air tidak boleh dilakukan pada saluran primer atau sekunder, sebab jika hal itu dilakukan maka akan mengakibatkan sistem irigasi teknis tidak berjalan semestinya/susunan saluran primer atau sekunder menjadi tidak rasional lagi dan banyaknya exploitasi air menjadi sulit, selain itu juga akan mengakibatkan banyaknya bangunan pengairan yang dibuat sehingga jaringan irigasi memerlukan biaya yang besar.


Setiap bidang tanah harus dapat menerima air dengan sebaik–baiknya, maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Luas petak sedapat mungkin diseragamkan.
  • Pemberian air melalui tersier harus melalui tempat yang dapat diukur dan diatur dengan baik.
  • Batas-batas petak tersier harus jelas dan tegas.
  • Semua batas sawah dalam petak tersier harus dapat menerima air dari tempat pemberian air.
  • Petak tersier diharapkan merupakan satu kesatuan yang dimiliki oleh Keujreun Blang P3A / salah satu desa yang terdapat dalam hamparan petak tersier.
  • Air kelebihan yang tidak berguna harus dapat dibuang dengan baik melalui saluran drainase yang terpisah dari saluran pemberi.
  • Batas-batas petak tersier diusahakan menggunakan batas alam.
Untuk menghitung atau mengukur luas areal pertanian, umumnya digunakan satuan–satuan :

1 ha = 10.000 m² = 2.471 acre = 1,409 bahu

1 acre = 4,840 yard² = 0,4047 ha = 0,57 bahu

1 bahu = 0,71 ha = 1,71 acre = 7066,5 m²